Bank DKI Dukung Digitalisasi e-Ticketing Pelabuhan Kali Adem Muara Angke

Dukung sistem pengelolaan tiket secara digital (e-Ticketing), Bank DKI terapkan digitalisasi Pelabuhan Kali Adem Muara Angke. Demikian hal tersebut disampaikan Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono usai mendampingi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meresmikan Terminal Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, (3/10).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan, "Pelabuhan ini kalau lihat sekarang (setelah revitalisasi) bedanya luar biasa sekali dan bisa menampung banyak penumpang dan nyaman. Pelabuhan yang modern ini utamanya memang untuk kelancaran aktivitas transportasi masyarakat Kepulauan Seribu dan pariwisata. Harapannya, fasilitas ini juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Seribu."

Amirul menyampaikan, "kami (Bank DKI) berterima kasih dan menyambut baik upaya Pemprov DKI Jakarta untuk berkolaborasi bersama Bank DKI untuk mendukung revitalisasi Pelabuhan Kali Adem Muara Angke dengan menyediakan layanan transaksi non tunai, baik dalam e-ticketing system pada aplikasi pemesanan tiket "Jaket Boat". Selain itu, Bank DKI juga turut mendukung penerapan transaksi non tunai pada merchant makanan dan minuman di Kantin Pelabuhan Kali Adem Muara Angke melalui channel pembayaran digital seperti JakOne Mobile dan JakOne Pay".

Sebagaimana diketahui, Jaket Boat (Jakarta e-Ticketing Boat) merupakan aplikasi kerja sama Dinas Perhubungan DKI Jakarta dengan Bank DKI dalam pemesanan dan pembayaran tiket dari Pelabuhan Kali Adem Muara Angke menuju Kepulauan Seribu. Melalui aplikasi Jaket Boat, para wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Seribu seperti Pulau Kelor, Pulau Bidadari, hingga sejumlah pulau lainnya.

Adapun wisatawan/pengunjung cukup melakukan download aplikasi Jaket Boat pada google play store untuk handphone berbasis Android dan App Store untuk handphone berbasis IOS. Amirul menambahkan, "Setelah melakukan pendaftaran, masuk pada menu utama Jaket Boat dan pilih Beli Tiket Kapal. Selanjutnya, isi data keberangkatan, pulang dan jumlah penumpang untuk mencari ketersediaan tiket kapal. Setelah itu, akan tampil informasi tiket yang tersedia. Tahapan selanjutnya, isi identitas penumpang kemudian lanjutkan pembayaran. Tahapan terakhir, pilih metode pembayaran dengan Virtual Account Bank DKI atau QRIS, lalu klik bayar. Tiket kemudian akan muncul berbentuk QR Code yang dapat di scan pada gate masuk Pelabuhan".

Sebagaimana diketahui, renovasi pelabuhan Kali Adem Muara Angke kini telah rampung. Melalui kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan berbagai pihak termasuk Bank DKI, kini pelabuhan di Jakarta Utara itu tampil lebih modern. Bahkan, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mengoperasikan empat kapal baru untuk melayani penumpang dari Dermaga Kali Adem menuju Kepulauan Seribu dan sebaliknya.

Senada dengan hal tersebut, melalui Super Apps JakOne Mobile yang kini telah hadir versi terbarunya, Bank DKI telah menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah yang diharapkan dapat merasakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal, mobile dan handal mulai dari pembukaan rekening tabungan secara online dimana saja dan kapan saja, bayar bermacam tagihan dan belanja online, transaksi QRIS, top up uang elektronik, pembayaran tagihan retribusi dan pemesanan tiket transportasi secara online, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito dan tabungan secara online.

Dilengkapi dengan uang elektronik JakOne Pay, nasabah pengguna mobile banking JakOne Mobile dapat mudah bertransaksi melakukan pembayaran via QRIS dengan pilihan sumber dana (source of fund) rekening tabungan, atau uang elektronik selama acara berlangsung. Selain itu, aplikasi JakOne Pay juga dapat pengunjung gunakan sebagai pilihan untuk bertransaksi, dengan tampilan yang menarik dan lebih ringan.Masyarakat yang ingin mempergunakan JakOne Pay juga tidak perlu menjadi nasabah Bank DKI, cukup download aplikasinya pada Google Play Store bagi smartphone berbasis android dan App Store bagi smartphone berbasis IOS. Per Juni 2022, jumlah pengguna aplikasi JakOne Mobile telah mencapai 1,7 juta pengguna dengan jumlah transaksi mencapai 10,8 juta transaksi, dengan nilai transaksi sebesar Rp9,1 triliun.

Terakhir, Amirul berharap bahwa modernisasi fasilitas layanan publik di DKI Jakarta dapat terus digencarkan, demi Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya.