Nilai-Nilai Budaya Kerja Baru Bank DKI

 

  • PROFESIONAL

    Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan berdisiplin untuk mencapai kualitas terbaik dengan bertumpu pada upaya perbaikan dan pengembangan diri maupun organisasi secara berkesinambungan serta kolaborasi lintas fungsi untuk mewujudkan Visi dan Misi BankProfesional

    Perilaku Utama

    • Mengoptimalkan kompetensi dan keahlian individu dan tim dalam melakukan perbaikan berkelanjutan.
    • Disiplin dalam menjalankan etika profesi.
    • Berinisiatif dalam melakukan perbaikan dan pengembangan dengan mewujudkannya secara nyata untuk hasil terbaik disertai dengan mental juara.

    Perilaku Diharapkan

    • Optimis, disiplin, pantang menyerah dan percaya diri dalam menghadapi tantangan;
    • Memiliki growth mindset dengan mengikuti trend dan aktif mencari pengembangan diri untuk meningkatkan kemampuan individu dan pengembangan Bank;
    • Terbuka terhadap masukan dan ide baru serta berkomitmen menjalankan kesepakatan bersama.

     

    Perilaku yang harus dihindari

    • Tidak berani mengambil tanggung jawab terhadap hasil kerja pribadi maupun kelompok;
    • Pesimis dan menolak tuntutan perubahan;
    • Cepat merasa puas dan merasa diri paling paham sehingga tidak terbuka terhadap gagasan baru

     Panduan Perilaku Pemimpin

    • Memahami dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab (jobdesc), berpikir dan bertindak strategis sehingga dapat mengambil keputusan dengan cepat, tepat, dan akurat berdasarkan data dan fakta serta dapat menetapkan skala prioritas untuk mencapai sasaran yang ditetapkan;
    • Memberi bimbingan, dukungan dan kepercayaan untuk bertindak sesuai dengan ketentuan serta mempertimbangkan mitigasi risiko dengan memberikan tanggung jawab demi kepentingan Bank;
    • Memberikan apresiasi atas keberhasilan anggota tim dan melakukan evaluasi secara berkala dalam rangka mencapai kinerja terbaik dengan mempersiapkan kaderisasi terbaik berkelanjutan untuk Bank.

  • INTEGRITAS

    Bersikap dan berperilaku jujur, dapat dipercaya dan memiliki komitmen terhadap tugas dalam mendorong pertumbuhan Bank dengan mengedepankan prinsip dan standar moral yang tinggi sesuai dengan etika yang berlakuIntegritas

    Perilaku Utama

    • Bertindak jujur dalam segala hal termasuk berani mengakui kesalahan yang dibuat serta melakukan perbaikan
    • Bertindak dengan rasa kepemilikan dan kecintaan yang tinggi terhadap Bank
    • Dapat dipercaya menjalankan etika kerja yang tinggi 

     

    Perilaku Diharapkan

    • Konsisten dan jujur menjalankan apa yang sudah dijanjikan;
    • Menjadi panutan / teladan dalam menegakkan perilaku beretika dan moral yang tinggi;
    • Berani mengambil tindakan yang tegas dan tidak popular dalam menegakkan sesuatu yang benar 

     

    Perilaku yang harus dihindari

    • Melempar tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan;
    • Memprioritaskan kepentingan pribadi atau golongan di atas kepentingan Bank;
    • Menutupi dan membiarkan kesalahan pribadi atau orang lain 

     

     Panduan Perilaku Pemimpin

    • Menjadi teladan dalam menampilkan nilai moral, sikap, dan perilaku sesuai aturan Bank, serta mampu mengkomunikasikan standar etika dan aturan yang jelas kepada anggota tim;
    • Secara berkala melakukan evaluasi, berdiskusi terkait implementasi etika dan kedisiplinan kerja dan memberikan umpan balik kepada seluruh anggota tim maupun individu;
    • Melakukan tindakan tegas secara profesional dalam mengoreksi adanya praktik – praktik yang tidak sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku pada Bank

  • CUSTOMER FOCUS

    Menempatkan kebutuhan nasabah dan pemangku kepentingan sebagai prioritas utama dan selalu inovatif dalam memberikan solusi layanan terbaik yang berkelanjutan, termasuk pemahaman peningkatan layanan digital.Customer Focus

    Perilaku Utama

    • Membangun dan memelihara hubungan kerja dengan pemangku kepentingan secara beretika dan bermartabat
    • Melayani dengan tulus melalui Senyum, Salam, dan Sapa
    • Secara berkelanjutan terus meningkatkan loyalitas, kepuasan, dan engagement pemangku kepentingan

     

    Perilaku Diharapkan

    • Berempati dengan memberikan solusi yang efektif dan memastikan telah menindaklanjuti hingga tuntas.
    • Bekerjasama lintas fungsi demi meningkatkan layanan kepada pemangku kepentingan 
    • Evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan layanan dari waktu ke waktu.

     

    Perilaku yang harus dihindari

    • Tidak responsif dan mengabaikan kebutuhan pemangku kepentingan. 
    • Tidak berempati atau menyalahkan pemangku kepentingan terhadap permasalahan yang dihadapi 
    • Menjanjikan sesuatu secara berlebihan yang tidak sesuai dengan aturan.

     Panduan Perilaku Pemimpin

    • Memberikan contoh pelayanan terbaik kepada nasabah maupun pemangku kepentingan, serta memberi penghargaan terhadap anggota tim yang mampu secara konsisten memberikan layanan terbaik;
    • Memonitor aktivitas layanan yang menjadi tanggungjawabnya serta memberikan coaching kepada tim untuk peningkatan kualitas layanan kepada nasabah;
    • Memberikan evaluasi dan berdiskusi bersama anggota tim untuk memberikan usulan perbaikan dan solusi dalam bertindak yang memenuhi kebutuhan nasabah ataupun pemangku kepentingan melalui tindakan yang nyata.