Bank DKI Ekspansi ke Jawa Tengah, Buka Kantor Cabang di Solo

Surakarta – Bank DKI kembali memperluas jaringan kantor di luar Jabodetabek dengan membuka kantor setingkat kantor cabang di Solo, tepatnya di Jalan Selamet Riyadi, Surakarta. Peresmian tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Bank DKI bersama dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Walikota Surakarta,

FX Rudi Hadyatmo dan disaksikan oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferial Sofyan, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Semarang, Joni Swastanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Doni Joewono serta Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta, Mahdi Mahmudy di Surakarta/Solo (17/03). Peresmian Kantor Cabang Bank DKI tersebut juga dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Car Free Day kota Surakarta.

Eko Budiwiyono menjelaskan bahwa Kantor Bank DKI di Solo merupakan kantor pertama Bank DKI di wilayah Jawa Tengah dan kali kedua Bank DKI mendirikan kantor di luar Jabodetabek. Tahun 2012 kemarin, Bank DKI kali pertama “keluar kandang” dengan meresmikan kantor di Darmo, Surabaya. “Kantor Cabang di Surakarta ini menjadi cita-cita Bank DKI menjadi bank umum yang berskala nasional” ujarnya.

Pembukaan kantor di wilayah Surakarta ini didasari dengan pertimbangan bahwa Surakarta yang merupakan salah satu kota besar di wilayah Jawa Tengah dengan luas wilayah mencapai 44 km yang terbagi dalam 5 kecamatan dan 51 kelurahan serta jumlah penduduk mencapai kisaran diatas 500 ribu jiwa dengan jumlah tenaga kerja mencapai lebih dari 260 ribu jiwa serta merupakan kota perdagangan dan ekonomi yang didukung oleh kehadiran lebih dari 6 ribu unit usaha dengan perputaran investasi yang besar.

“Fokus layanan kantor cabang di Surakarta akan lebih ditujukan pada pembiayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal ini karena melihat potensi Kota Solo untuk sektor UMKM masih sangat terbuka” ujar Eko Budiwiyono.

Dengan diresmikannya Kantor Cabang Selamet Riyadi Surakarta Bank DKI total memiliki 202 jaringan kantor yang terdiri dari 20 kantor cabang konvensional, 2 cabang syariah, 37 cabang pembantu konvensional, 8 cabang pembantu syariah, 105 kantor kas konvensional dan kantor kas syariah, 31 payment point berikut dengan 4 samsat drive thru. Bulan April Mendatang, Bank DKI juga merencanakan akan mendirikan kantor layanan di Bandung.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang juga pernah menjadi Walikota Solo menyambut baik inisiatif strategis yang dilaksanakan Bank DKI dengan membuka jaringan kantor di Surakarta, yang sudah dipersiapkan dengan perencanaan yang matang. Joko Widodo juga turut berpesan agar Bank DKI dapat memberikan manfaat kehadirannya bagi warga kota Solo dan dapat berperan serta mendukung perekonomian Jawa Tengah.

 

CSR Program

Pada kesempatan yang sama, Bank DKI juga turut melaksanakan program Corporate Social Responsibility kepada warga kota Solo, diantaranya dengan penyerahan bantuan natura kepada 12 panti asuhan se kota Solo, penyerahan bantuan sepeda operasional linmas kelurahan se kecamatan Laweyan dan penyerahan bantuan celemek kepada PKL City Walk.

Walikota Solo, F.X. Rudi Hadyatmo menyambut baik kehadiran Bank DKI di kota Solo dan mengapresiasi itikad baik Bank DKI melalui program CSR yang diprakarsai Bank DKI.